Parfum Tahan Lama? Ini Tips Cara Pemakaian dan Rahasianya

 

Tidak ada orang yang ingin memakai parfum wangi di pagi hari, lalu aroma nya sudah hilang pada jam makan siang. Pernahkah kamu membeli parfum yang harga nya mahal, tapi tetap tidak tahan lama? Di artikel ini kami akan menguak rahasia dari apa yang membuat parfum itu tahan lama, dan tips cara memilih parfum yang t]\ahan lama. 

Ada beberapa hal yang membuat parfum lebih tahan lama dibandingkan parfum-parfum lainnya. Mitosnya adalah dengan menggosok-gosokan parfum, Ini sangat salah. menggosokan parfum malah memecahkan molekul fragrance dan akan membuat parfum lebih cepat menguap dan hilang. Inilah unsur-unsur yang menyebabkan parfum lebih tahan lama: konsentrasi dari fragrance, fragrance notes atau bahan baku yang digunakan untuk meracik fragrance, dan kelembaban kulitmu. 

 < banner : long lasting perfume by Mine> 

Konsentrasi Fragrance

Pastinya kamu sudah pernah mendengar istilah eau de parfum, eau de toilette, body mist dan lain-lain. Yang membedakan dari satu dengan yang lainnya adalah dosis dari fragrance oil yang terdapat di parfum tersebut; Lebih tinggi konsentrasinya, lebih banyak fragrance oil, maka parfum lebih tahan lama. Contohnya eau de parfum yang mempunyai konsentrasi lebih tinggi dibandingkan eau de toilette, maka wanginya akan lebih tahan lama. Tingkat kandungan alkohol, juga mempengaruhi longevity fragrance. lebih banyak kandungan alkohol, akan membuat wangi parfum tersebut hilang lebih cepat. 

(read more article on Perbedaan dari EDT, EDP, Body Mist etc)

Fragrance Notes

Fragrance notes adalah komponen-komponen bahan baku yang membuat fragrance. Masing-masing notes mempunyai berat molekul yang berbeda-beda dan dikategorikan menjadi tiga kelompok yaitu top, middle dan bottom notes. Ketika kamu mencium parfum, yang pertama kamu cium adalah top notes, wangi-wangi top notes akan hilang paling cepat dibandingkan yang lainnya karena mempunyai berat molekul yang paling ringan, selanjutnya kamu akan mencium middle notes yang adalah body dari fragrance, dan diakhiri oleh bottom  atau base notes yang terdiri dari bahan-bahan yang paling tahan lama. Parfum akan lebih tahan lama apabila mempunyai kandungan base notes yang lebih banyak.

(read article on Fragrance pyramid top, middle, bottom)

Kelembaban Kulit

Parfum akan dapat meresap lebih baik di kulit apabila kulit lebih lembap. Parfum menguap lebih cepat di kulit yang kering karena tidak terdapat kandungan minyak yang cukup pada kulit. Apabila kamu punya jenis kulit yang kering, maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan yaitu memakai moisturizer seperti Vaseline sebelum menyemprotkan parfum, atau kamu juga bisa mencoba "fragrance-layering". Dengan memakai sabun, lotion lalu parfum yang mempunyai wangi yang sama, makan wangi parfum kamu pasti akan lebih tahan lama. Kami juga mengajak kamu untuk mencoba memadukan dua parfum yang berbeda untuk membuat aroma yang lebih unik dan tahan lama. 

< read articles on fragrance layering>

Base notes di parfum wanita dan pria yang membuat lebih tahan lama

Base notes terdiri dari fragrance notes yang mempunyai berat molekul yang terbesar, sehingga tidak cepat menguap. Wangi-wangi base notes mencakup olfactive family Musk, Woody dan Balsamic. Contohnya: Patchouli, Oud, Woods (Cedarwood, Sandalwood, Agarwood, dll. ), Oakmoss, Vanilla, Tonka Bean, Benzoine dan lain-lain. Untuk wangi parfum pria, biasanya akan dipadukan dengan fougere, aromatic, spicy notes dan untuk parfum wanita lebih di padukan dengan floral, fruity notes. Namun ini tergantung dari kreasi perfumer itu sendiri. Apabila kamu ingin cari parfum tahan lama, carilah parfum yang mengandung banyak komposisi base-notes. 

 

(Parfum tahan lama dari Mine? Check out here)

Hades, Beige 96, Almalika

 

Parfum murah, apakah bisa tetap tahan lama? Bisa saja. 

Kebanyakan parfum murah tidak tahan lama, karena parfum murah juga dibuat oleh bahan-bahan yang lebih murah, dengan kualitas bahan baku yang lebih rendah mutunya. Parfum bisa lebih murah karena dosis dari fragrance yang rendah (contoh: body mist), atau komponen bottom notes nya dikurangi, karena mengutamakan top dan middle notes. Namun dengan komposisi yang tepat, tentu bisa parfum murah bisa tahan lama dengan desain fragrance yang tepat. 

Banyak parfum dibawah 100ribu yang beredaran di supermarket, refill atau isi ulang yang memang lebih terjangkau dibandingkan parfum dengan merek bonafid yang terpercaya. Namun hati-hati terhadap kualitas dari bahan bibit parfum itu sendiri, apalagi formula dari parfum itu sendiri. Pastikan dulu bahwa parfum yang kamu beli bersih, aman dan dengan kualitas yang baik. Jadilah konsumen yang cermat, beberapa toko parfum refill sudah terbukti menjual produk dengan kadar metanol yang tinggi, lebih dari 5%. Metanol bisa membuat mata buta, sesak nafas dan iritasi pada kulit, perlu untuk diwaspadai, karena akibatnya sungguh sangat bahaya. 

Lihat artikel tentang bahaya parfum isi ulang 

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20150611041345-20-59203/bpom-ingatkan-bahaya-parfum-isi-ulang

< Mine, Safe Fragrance banner philosophy>

Waspada dan utamakan keamanan parfum kamu

Pernahkah kamu menyadari bahwa pembuat sabun biasanya menjabarkan bahan baku dari sabun tersebut di belakang kemasan, namun pembuat parfum tidak pernah memberi tahu apa isi dari parfum tersebut? Umumnya hanya tertulis: Alkohol, Air, dan Parfum. Padahal kamu menghirup wangi-wangian itu setiap hari ke tubuh kamu, dan menyemprotkan parfum langsung ke kulitmu.

Kebanyakan merk parfum memilih untuk tidak terbuka dengan bahan baku yang mereka pakai untuk pembuatan parfum. Mine parfum memilih untuk membuka rahasia resep dari parfum-parfum kreasinya, supaya kamu yakin bahwa parfum kamu aman, bersih dan dibuat dari bahan baku yang sudah terjamin kualitasnya dengan standar internasional. 

<check our recipe for our long lasting perfume>