Rekomendasi Parfum Bayi untuk Remaja, Wangi Soft dan Addictive

Image by Peter Oslanec

Jika kamu pernah merasa ingin sekali mencium kepala bayi yang baru lahir dan menghirup nafas panjang dan dalam, ternyata kamu bukan satu-satunya. Aroma bayi diakui oleh beberapa fragrance expert sebagai salah satu aroma paling indah di dunia. Maka dari itu, walaupun sudah remaja atau dewasa, para pecinta fragrance masih tetap sering mencari parfum yang beraroma bayi. 

Mungkin kamu bertanya-tanya sebenarnya apa yang membuat aroma bayi sangat addictive. Masih belum ada penelitian yang bisa menjawab rahasia ini, namun banyak yang menduga bahwa aroma ini berasal dari vernix caseosa yaitu lapisan lembut berwarna putih yang membalut tubuh dan wajah bayi yang baru lahir.

Di Indonesia sendiri, wangi bayi didefinisikan dengan wangi lembut natural bayi yang bersatu dengan wangi bedak bayi (floral, powdery), dan wangi-wangi brand iconic yang sudah ada sejak lama yaitu wangi Switzal, Johnson & Johnson's dan Cussons Baby. Kombinasi dari wangi-wangian tersebut membuat kita merasa nyaman, tenang dan teduh seperti berada dalam pelukan. Wangi bayi merupakan imprinting smell yang cukup umum. 

<ketahui lebih tentang imprinting smell di artikel ini> 

Bukan hanya Indonesia, wangi populer di seluruh dunia

Tentu saja banyak parfum-parfum kelas atas merk internasional yang membuat parfum khusus untuk bayi. Contohnya Burberry Baby Touch, Dolce & Gabanna for babies, Petit Guerlain dengan aroma yang khas. Namun ada juga parfum-parfum yang didesain khusus untuk para remaja dan dewasa yang ketagihan dengan aroma bayi contohnya Bobby Brown Baby, Maybe Baby by Benefit, dan Perfume house Demeter yang mempunyai empat varian parfum khusus untuk mengungkapkan wangi bayi dengan olfactive direction yang berbeda-beda. 

Yang paling baru dari Uncommon dan Ecover, brand sustainable asal Belgia, adalah sebuah kreasi parfum L'eau de Bébé, sebuah gender-neutral fragrance dengan aroma bayi yang baru lahir dengan fragrance notes breast milk (ASI), kulit yang lembut dan wangi bayi yang manis. Konsep yang sangat kreatif dan berani.

Uncommon x Ecover advertisement untuk L'eau de Bébé, Image via contagious 

Jenis-jenis aroma parfum bayi

Powdery
Wangi powdery sering melukiskan wangi bedak bayi yang lembut, dan biasanya terbuat dari komposisi notes seperti iris, violet, vanilla, musks, heliotrope dan opoponax resin. Wangi bunga mawar juga bisa membuat powdery effect yang klasik

Musky
Aroma Musk adalah wangi base note yang sangat soft dan tahan lama yang biasanya di compare dengan aroma woody dan earthy scents. Komponen musk biasanya digunakan untuk menyeimbangkan dan membuat racikan parfum lebih soft, sangat cocok untuk arahan parfum bayi.

Fresh
Aroma bayi yang klasik biasanya mempunyai arahan floral powdery, namun brand seperti Switzal yang mempunyai ciri khas wangi parfum fresh fruity, dan wangi-wangi bayi yang modern yang mulai mengadopsi citrus dan fruity notes membuka satu pilar khusus untuk fresh fruity notes yang juga merupakan ekspresi dari parfum bayi.

Clean
Salah satu trend di dunia wewangian saat ini adalah Clean Fragrance. Aroma-aroma yang memberi kesan murni, segar dan bersih dengan olfactive family seperti fresh, ozonic, aldehydic. Contohnya Clean Reserve Warm Cotton, Byredo Blanche, Philosophy Pure Grace. Parfum-parfum high-class dan Niche ini dibuat dengan aroma yang menyerupai wangi kain bersih, sabun dan air, dan warna putih, sangat minimalistic!
 <Baca untuk informasi tentang trend clean fragrance smell>

Rekomendasi parfum bayi terbaik untuk remaja

Sebelumnya belum ada parfum bayi yang didesain khusus untuk menyerupai wangi parfum bayi di Indonesia, sampai pada akhirnya Mine, merk parfum kreatif yang diakui membuat produk-produk parfumnya dengan kualitas tertinggi mengeluarkan varian Ethereal, yang terinspirasi dari notes-notes yang menggambarkan kelembutan dan kenyamanan parfum bayi.

Perfumer asal prancis dibalik parfum Ethereal, Dorothy Laurent terinspirasi dari wangi favoritnya yaitu bayinya yang baru lahir. Ia ingin membuat sebuah kreasi parfum accord yang menggambarkan rasa nyaman, kemurnian, dan innocence yang tergabungkan di parfum Ethereal. 

Kami juga merekomendasikan parfum soft lain yang terkomposisi oleh musks, dan mempunyai powdery effect yang kalem yaitu: Lucid Dreams dan La Boheme by Mine.